Pages

6 August 2011

Listrik Statis



lISTRIK STATIS

benda dapat memiliki muatan listrik. Muatan listrik yang tidak mengalir pada suatu benda disebut listrik statis. Listrik itu terdapat pada bagian suatu benda atau tepatnya pada atom.


Atom merupakan bagian yang sangat kecil dari suatu unsure.


Teori atom:
   a. Atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsure
   b. Atom terdiri dari inti atom dan kulit atom yang mengelilingi inti atom
   c. Di dalm inti atom terdapat proton dan neutron. Proton merupakan bagian inti atom yang bermuatan listrik positif (+). Neutron merupakan bagian inti atom yang tidak bermuatan listrik (0).
   d. Pada kulit atom yang mengelilingi inti atom terdapat electron. Electron sebagai bagian atom yang bermuatan listrik negative.
   e. Muatan electron (-) dapat bergerak atau pindah dari suatu kulit ke kulit yang lainnya pada suatu atom atau berpindah ke atom lainnya.
   f. Muatan listrik proton atau positif (+) tidak bergerak
   g. Atom netral adalah atom yang jumlah muatan electron atau negative (-)nya sama dengan jumlah muatan proton atau positif (+)
   h. Atom negative adalah atom yang kelebihan muatan electron (-)
   i. Atom positif adalah atom yang kekurangan muatan electron (-)


Jumlah proton dan neutron disebut nomor massa atom. Jumlah electron disebut nomor atom. Maka penulisan atom:
A = (nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron)
Xz = (nomor atom = jumlah electron)
X = nama unsure, contohnya helium, hydrogen, silicon, dan sebagainya.


Ada 2 cara member muatan listrik:
1. Penggosokan
   a) Plastic digosok oleh rambut kering atau dengan kain wol menghasilkan listrik negative pada plastic, karena electron dari rambut atau dari kain wol pindah ke plastic sehingga plastic kelebihan electron dan menjadi bermuatan listrik negative.
   b) Batang kaca digosok kain sutera menghasilkan listrik positif, karena electron pada kaca pindah ke kain sutera sehingga kaca kekurangan electron dan menjadi bermuatan listrik positif.
Listrik Statis 2
   c) Ebonite digosok oleh kain wol menghasilkan listrik negative pada ebonite, karena electron dari kain wol pindah ke ebonite sehingga ebonite kelebihan electron dan menjadi bermuatan listrik negative.


2. Imduksi listrik merupakan cara memberi muatan listrik dengan elektroskop dimana benda yang diberi muatan akan selalu memperoleh muatan yang tidak sejenis dengan muatan benda yang memberinya.


Pengertian dan cara kerja elektroskop:
   a. Pengertiannya: elektroskop merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyelidiki benda bermuatan listrik atau netral.
   b. Bagian – bagian elektroskop
- Kepala elektroskop terbuat dari logam
- Daun elektroskop (foil) terbuat dari kertas emas atau alumunium tipis


 c. Cara kerja elektroskop:
1) Elektroskop di dekati benda bermuatan listrik negative:
Bila benda bermuatan negative didekatkan ke elektroskop maka kepalanya akan bermuatan positif, karena electron yang ada pada elektroskop ditolak benda sehingga elektronnya pindah ke foil, yang mengakibatkan foilnya berkembang/membuka.
2) Elektroskop di dekati benda bermuatan listrik positif:
Bila benda bermuatan positif didekatkan ke elektroskop maka kepalanya akan bermuatan negative, karena electron yang ada pada elektroskop ditarik benda sehingga elektronnya pindah ke kepalanya, yang mengakibatkan foinya menutup.
3) Elektroskop di dekati benda netral: elektroskop tidak akan memberikan reaksi.
Interaksi atau gaya tarik menarik atau tolak menolak antara muatan listrik:


a. Muatan listrik yang sejenis akan terjadi tolak menolak, seperti:
1) Negative dengan negative akan tolak menolak contohnya plastic yang telah digosok kain wol dengan plastic yang telah digosok oleh rambut.
2) Positif dengan positif akan tolak menolak, contohnya kaca yang telah digosok oleh kain sutera dengan kaca yang telah digosok oleh kain sutera.


b. Muatan listrik yang tidak sejenis akan menimbulkan gaya tarik menarik, seperti:
1) Positif dengan negative, contohnya kaca yang telah digosok oleh kain sutera dan plastic yang telah digosok oleh rambut akan terjadi tarik menarik.


Hukum Coulomb


a. Bunyi hukum Coulomb: “ besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding hasil kali muatan listrik kedua benda itu, dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda itu.”




Pengertian medan listrik
a. Pengertiannya: medan listrik adalah peristiwa adanya pengaruh gaya gerak listrik pada suatu benda dari benda lainnya. Keadaan keadaan medan listrik dapat digambarkan oleh garis – garis gaya listrik. Arah gerakan gari gaya magnet:
1) Dari positif menuju ke negative
2) Meninggalkan positif
3) Menuju atau masuk ke negative


Potensial listrik
a. Pengertiannya: besaran yang menyatakan banyaknya usaha atau energy untuk memindahkan setiap muatan listrik dari suatu titik ke titik berikutnya.

0 comments:

Post a Comment