Pages

21 December 2011

Alasan siswa mencontek


hal ini cukup menarik untuk dibahas, karna 50% anak di indonesia melakukannya.. :D
mungkin ada beberapa peluang yah, kenapa seseorang melakukan hal 'lumrah' ini, hweheh..
usaha demi mendapatkan nilai yang maksimal mendorong seseorang untuk melakukannya..
menurut pengamatan dan pengalamanku, dapat aku simpulkan sebagai berikut...


  • mereka bilang, mencontek hanya untuk ajang pencocokan jawaban, jadi kalo misalkan ada yang salah, bisa langsung ditolerir. 
  • sebab kedua, mereka nggak belajar.. aku yakin bener. kalo mereka menguasai materi dan faham apa yang diajarkan, pasti acara mencontek tidak akan terlaksana. 
  • mereka nggak faham 100% tentang materi itu. kalo tau sih pasti iya, tapi kalo faham?
  • mereka nggak percaya diri dan nggak yakin dengan jawabannya sendiri. padahal, belum tentu jawaban contekan itu bener.. banyak banget siswa yang nyesel nyontek karna ternyata jawabannya sendiri itu bener. 
  • terdesak oleh waktu, terkadang waktu ujian yang diberikan tidak cukup untuk menjawab semua soal, atau mungkin mereka saja yang kurang cepat dalam menjawab.. hal ini juga menyebabkan mereka terpaksa untuk mencontek.
  • terkadang soal yang membosankan juga menyebabkan seseorang malas untuk mejawabnya.. seperti contoh, bahasa indonesia yang isinya bacaaaaaaann doang.. apalagi soal yang disediakan banyak.. biasanya 50. hal ini membuat seseorang sangat jenuh dan lelah. dan akhirnya mereka putuskan untuk mencontek saja. 
kalo menurut aku pribadi, kalo kita bener bener menguasai materi, kalo kita bener bener faham maksud materi yang diajarkan, pasti kita bisa deh mengerjakan berbagai soal ujian...
tetapi kendala murid saat ini adalah satu,. yaitu "malas"
semua anakpun pernah merasa jenuh dan lelah... bahkan akupun juga tak jarang seperti ini..
tetapi sesuatu yang benar benar memotivasi semangat belajarku membuatku berusaha sangat keras dan berbuah manis.
tentunya jam belajarku berbeda dengan anak anak pada umumnya, dan jam belajarku tak sepanjang teman temanku ..
jangan belajar kalau kamu ngerasa ngantuk, karna hal itu sangat percuma..
bagaikan menulis diatas air.. takkan ada jejak disana,, meskipun kamu baca berulang ulang materi itu, kalu kamu sedang dalam keadaan ngantuk,, nggak bakal pernah masuk,
lebih baik cari waktu yang sekiranya kamu nggak ngerasa ngantuk sama sekali. itu lebih baik daripada belajar tapi tak berbuah hasil...

0 comments:

Post a Comment