Pages

20 January 2012

8 Cara Belajar Anak

Beratus ratus kosa kata dan rumus fisika matematika atau apapun mendorong seseorang untuk mencari sendiri cara belajar yang tepat untuk mereka.. khususnya bagi para pelajar seperti saya juga.. terkadang cara belajar yang diajarkan oleh guru guru kita disekolah tidak berbuah hasil, kadang juga kita bukan tambah mengerti melainkan tambah bingung. 
oleh karena itu, saya mencoba untuk menjabarkan beberapa pola belajar siswa yang tentunya berbeda beda.. mungkin kalian adalah salah satu atau salah dua dari kedelapan pola belajar yang saya sebutkan ini .. diantaranya : 
1. LINGUISTIK 
  • Melalui kata-kata
  • Kegemaran Membaca,menulis,bercerita
  • Kebutuhan Buku,alat tulis,kertas,alat rekam,debat,dialog,diskusi,cerita.
2. MATEMATIS LOGIS
  • Cara berpikir  melalui penalaran
  • Kegemaran bereksperimen,tanya jawab,berhitung,memecah teka-teki logis
  • Kebutuhan yang diperlukan bahan untuk bereksperimen,materi sains,kunjungan ke museum planetarium
3. SPASIAL
  • Cara berpikir Melalui kesan dan gambar
  • Kegemaran mendesain,menggambar,membayangkan mencorat-coret.
  • Kebutuhan seni,video,film,slide,buku yang banyak berisi ilustrasi,kunjungan ke museum seni.
4. KINESTETIS JASMANI

  • Melalui sensasi somatic
  • Kegemaran Menari,berlari, melompat,meraba,menggerakkan isyarat tangan.
  • Kebutuhan bermain drama,bergerak,olah raga,bermain dengan cara yang terlibat langsung(hand-on learning)
5. MUSIKAL
  • Cara berpikir melalui irama dan melodi
  • Kegemaran   bernyanyi,bersiul,bersenandung,mengetuk-ngetukan  tangankaki,mendengarkan.
  • Kebutuhan bernyanyi bersama,kunjungan ke konser musik,musik disekolah dan di rumah,alat musik.
6. INTERPERSONAL
  • Dengan cara melemparkan gagasan pada orang lain.
  • Kegemaran Memimpin,mengorganisasi,menghubungkan menebarkan pengaruh,menjadi mediator.
  • Kebutuhan Permainan kelompok,pertemuan sosial,Perlombaan atau peristiwa sosial
7. INTRAPERSONAL
  • Berhubungan dengan kebutuhan,perasaan,cita-citanya.
  • Kegemaran menyusun tujuan,bermediasi,melamun,merencana  kan,merenung.
  • Kebutuhan tempat rahasia,waktu menyendiri,proyek yang direncanakan sendiri.
8. NATURALIS
  • Cara berfikir melalui alam dan pemandangan alam.
  • Kegemaran bermain dengan binatang piaraan,berkebun,meneliti alam,peduli lingkungan.
  • Kebutuhan akses kealam,kesempatan untuk berinteraksi dengan binatang.

Simbol pada botol plastik

konon, ada yang bilang kalau mengisi ulang air pada botol mineral bakas sangat berbahaya ,,
padahal, hal itulah yang sering aku jumpai disekelilingku. ada juga yang bilang, hal itu dapat menyebabkan gangguan pada ginjal dan timbulnya kanker .. serem juga yah.. tapi daripada bikin mata merem melek nggak jelas gara gara mikirin hal itu, saya akan coba memaparkan hal tersebut ...

1. PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)
Simbol ini biasa terdapat pada botol plastik transparan seperti pada kemasan air mineral atau minuman yang siap untuk diminum. JANGAN PERNAH mengisi ulang botol dengan simbol seperti ini, apalagi dengan air panas. Hal ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker.


2. HDPE (High Density Polythylene)

Simbol ini terdapat pada botol yang berwarna putih susu. Juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi plastik, atau kemasan susu jika pada makanan. Botol ini juga hanya boleh untuk sekali pakai saja.



3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
Plastik yang memiliki simbol ini, menandakan plastik yang sulit untuk didaur ulang, seperti plastik pembungkus atau pada botol-botol. Kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur ke dalam makanan pada suhu -15 derajat Celcius. Akibatnya berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.


4. LDPE (Low Density Polythylene)
Plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan teksturnya terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Sayangnya, plastik ini hampir tidak dapat dihancurkan


5. PP (Polypropylene)
Plastik yang bernomor 5 dan memiliki simbol PP ini termasuk yang aman dipakai membungkus makanan atau minuman. Biasanya plastik ini digunakan untuk tempat makanan dan botol minum bayi. Plsatiknya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Kalau ingin mengisi ulang botol plastik sangat tidak salah untuk mencari plastik dengan nomor 5 di tengah simbol recycle dan bertuliskan PP.



6. PS (Polystyrene)
Kemasan plastik yang bersimbol PS ini contohnya adalah kemasan stereofoam, yang biasa dipakai untuk wadah makanan atau minuman sekali pakai. Bahan ini bisa bercampur dengan makanan, saat makanan panas diisikan ke dalam wadah ini, bahan styrine ini bisa berbahaya untuk otak dan sistem saraf.


7. OTHER atau biasanya Polycarbonate
Kode tujuh ini biasanya ada 4 macam.

1. SAN (styrene acrylonitrile)
2. ABS (acrylanitrile butadiene styrene)
3. PC (polycarbonate)
4. Nilon

Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan lainnya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS ini baik dan aman digunakan untuk makanan atau minuman. Hanya saja, untuk kode PC sebaiknya tidak digunakan untuk makanan dan minuman karena bisa mengeluarkan zat yang berbahaya



Keberadaan es di Mars !

Peta kutub utara Mars berdasarkan sinar gamma dari elemen hidrogen yang kebanyakan berbentuk air es.
Daerah dengan es yang tinggi ditunjukan oleh warna ungu dan biru. Sedang yang esnya sedikit ditunjukkan dalam warna merah.
Kredit : NASA/JPL/UA


Mars, si planet merah yang penuh misteri ini, akhirnya bisa membuka dirinya untuk dikenal oleh penghuni Bumi lewat berbagai misi ruang angkasa yang dikirimkan ke sana.


Mars merupakan planet gurun yang dingin tanpa ada air di permukaannya. Tapi, di bagian kutub Mars, air es mengintai dari bawah tanah. Penemuan orbiter Mars Odyssey tahun 2002 menunjukkan keberadaan sejumlah besar subpermukaan air es di dataran kutub utaranya. Nah, dalam misi kali ini, pendarat Pheonix menargetkan area sirkumpolar ini untuk digali, melewati bagian lapisan tanah teratas sampai ke bagian air esnya. Tujuannya untuk membawa es dan juga tanah, untuk dianalisis lebih lanjut.


Perlengkapan yang dimiliki Pheonix memang ditujukan untuk mengungkap petunjuk-petunjuk sejarah geologi dan kemungkinan potensi biologi di area kutub Mars.


Misi Pheonix ini justru jadi misi pertama yang akan memenuhi tujuan-tujuan berikut :
* Mengindentifikasi keberadaan air di Mars
* Karakterisasi iklim Mars
* Karakterisasi kondisi geologi Mars
* Mempersiapkan eksplorasi manusia ke Mars.


Untuk persiapan ekplorasi manusia ini, Pheonix memiliki dua tujuan yakni: Mempelajari sejarah air di kutub Mars dalam seluruh fasenya.
  1. Saat ini, air di permukaan Mars dan di atmosfernya berada dalam dua keadaan, gas dan padatan. Di kutub, interaksi antara air es padat yang ada di dan di bawah permukaan dengan gas uap air di atmosfer dipercaya menjadi hal penting yang mempengaruhi cuaca dan iklim di Mars.
  2. Mencari bukti zona habitasi serta memperkirakan potensi biologis dari perbatasan es dan tanah. Penemuan yang ada saat ini menunjukan kehidupan bisa ada pada kondisi yang paling ekstrim. Bahkan sangat dimungkinkan jika spora bakteri bisa tertidur pada kondisi yang sangat dingin, kering, dan kondisi tanpa udara selama jutaan tahun. Dan mereka akan menjadi aktif saat kondisi memungkinkan. Koloni mikroba seperti ini kemungkinan ada di kutub Mars, yang menurut acuan periodik planetnya, memang memiliki air dalam bentuk cairan dalam periode yang singkat setiap 100.000 tahun. Kondisi ini akan membuat lingkungan di sekitarnya jadi bisa dihuni.
Gumpalan terang yang ternyata adalah es yang diambil pada tanggal 15 dan 18 Juni 2008.
Kredit :NASA/JPL-Caltech/University of Arizona/Texas A&M University


Bagaimana hasilnya? Sejak pendaratan Pheonix dan penelitian yang ia lakukan, berbagai gambar indah telah dihasilkan untuk menunjukkan kondisi Mars. Setelah melakukan penggalian di Mars 15 Juni 2008, Pheonix memperlihatkan gumpalan terang. Sampai tanggal 16, gumpalan tersebut masih ada. Namun tanggal 19, gumpalan itu mengalami penguapan. Jadi tak mungkin itu gumpalan garam. Itu pasti gumpalan es.


Ada es di Mars … menarik bukan? Pheonix mengungkap beberapa gumpalan terang tersebut beberapa hari sebelumnya, saat melakukan penggalian pada dua area parit. Namun, untuk bisa memastikan apakan gumpalan terang itu es atau bukan harus menunggu beberapa hari. Karena bisa jadi gumpalan itu es ataupun garam.


Jika gumpalan yang ditemukan itu es, ia akan mengalami sublimasi secara bertahap dalam beberapa hari dan kemudian menghilang. Di lapisan atmosfer Mars yang tipis, es tidak akan mencair melainkan menguap. Sedangkan, jika gumpalan itu adalah garam, maka garam tentu tidak akan mengalami hal yang sama seperti es.


Setelah beberapa hari sejak penemuannya, gumpalan itu pun menghilang dan tak bisa dipungkiri kalau gumpaan itu adalah air es. Air es di Mars.


Lengan robotik Pheonix yang tengah mengambil contoh tanah.
Kredit Gambar: NASA/JPL-Caltech/University of Arizona
Pheonix sendiri saat ini sudah beralih pada area lainnya, yang dikenal sebagai snow white 2. Yang menarik dalam penggaliannya, Pheonix mengenai sesuatu yang keras pada kedalaman yang sama dengan tempat penemuan es.


Tak hanya es, Pheonix juga mengirimkan citra yang menunjukan tangan robotiknya, yang berhasil menabur tanah ke dalam port pengiriman pada mikroskop optiknya. Contoh tanah tersebut akan dikirimkan ke Wet Chemistry Lab atau Thermal and Evolved-Gas Analyzer. Wet Chemistry Lab dan Optical Microscope merupakan bagian dari instrumen Microscopy, Electrochemistry and Conductivity Analyzer, yang disebut MECA.